Fungsi zat Polifenol dalam Propolis

Fungsi zat Polifenol dalam Propolis

polypenol 1 1024x1024 - Fungsi zat Polifenol dalam Propolis

Tak hanya Flavonoid dalam propolis juga terdapat zat polifenol. Polifenol umumnya merupakan zak kimia yang terdapat pada tumbuhan. Polifenol dikelompokan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu sakit yang bisa diatasi dengan antioksidan polifenol ialah sakit jantung, pembuluh darah, dan kanker.

Maka dari itu mengapa propolis itu dapat menyembuhkan sakit parah seperti kanker dan jantung. Dengan kata lain polifenol ini terdapat pada tumbuhan, dan lebah mengambil makanannya dari tumbuhan, maka dari itu lebah membawa zat polifenol tersebut ke sarangnya yang kemudian akan bercampur dengan bahan lain hingga menjadi bahan propolis. Untuk itu propolis digunakan karna ada zat -zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Propolis ini sudah banyak digunakan oleh manusia sejak masa yunani dan kini mulai berkembang setelah banyak peneliti yang meneliti mengenai kandungan serta manfaat propolis. Dengan begitu kini banyak juga perusahaan – perusahaan yang memproduksi propolis. Salah satunya ada PT Nanotech Herbal Indonesia yang memproduksi propolis sebagai suplemen herbal, menjaga daya tahan tubuh dan mengobati berbagai penyakit.

Propolis ini banyak pemanfaatannya selain untuk pengobatan dalam juga bisa sebagai pengobatan luar, salah satunya sebagai pengobatan luka bakar, caranya dengan hanya meneteskan langsung pada kulit yang terbakar atau bisa juga dengan mencampurkannya terlebih dahulu pada air kemudian usapkan dengan menggunakan kapas, ulangi beberapa kali untuk pengobatan yang maksimal.

- Fungsi zat Polifenol dalam Propolis

Polifenol ini ada beberapa jenisnya diantaranya ada katekin, lignan, resveratrol, quercetin, dan kurkumin yang telah terbukti dapat mencegah sel kanker, dan sebagai agen antikanker.

Dikutip dari hellosehat.com Manfaat polifenol sendiri diantaranya

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Zat polifenol mampu mengobati atau menghambat pertumbuhan pada sel kanker, karena sel kanker terjadi akibat adanya radikal bebas disekitar lingkungan kita seperti asap rokok, debu, polusi, makanan, bahkan tubuh kita sendiri juga dapat memproduksi sendiri radikal bebas tersebut, dengan begitu zat polifenol mampu menahan dari adanya radikal bebas yang dapat berubah menjadi sel kanker.

  • Mencegah penyakit jantung

Selain sebagai kanker, polifenol juga bermanfaat bagi penderita penyakit jantung. Hal tersebut juga telah diteliti oleh para peneliti dengan mengkonsumsi polifenol dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu juga polifenol mampu memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan membantu memperlampat penggumpalan darah.

  • Mencegah diabetes

Kadar gula darah akan terkendali bila kita mengkonsumsi sesuatu makanan yang mengandung polifenol, dengan cara polifenol menghambat penyerapan glukosa didalam usus. Itu sebabnya propolis ini memiliki sifat sebagai antidiabetes. 

Polifenol banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran segar, terutama yang memiliki warna yang cerah, seperti orange, merah, kuning, ungu, hijau, dll. Hal ini dikarenakan polifenol bertanggung jawab terhadap buah dan sayur untuk memberikan warna dan memberikan pula kesehatan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *







Whatsapp Online
Kirim