Sebelum pakai propolis, perhatikan ini dulu!

Sebelum pakai propolis, perhatikan ini dulu!

Propolis - Sebelum pakai propolis, perhatikan ini dulu!

Banyak orang memilih menggunakan cara alami untuk mengobati berbagai penyakit karena percaya lebih aman dan manjur. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan bahan-bahan herbal untuk pengobatan penyakit tertentu. Pasalnya, bahan-bahan herbal, termasuk propolis, tidak selalu aman untuk digunakan semua orang. Ada beberapa kondisi atau penyakit tertentu yang tidak disarankan untuk menggunakan obat herbal ini.

Berikut ini beberapa kondisi kesehatan yang tidak disarankan menggunakan madu propolis:

  • Memiliki riwayat asma. Anda disarankan berhati-hati menggunakan herbal ini apabila memiliki riwayat penyakit asma. Pasalnya, reaksi alergi yang ditimbulkan dari efek samping herbal ini dinilai dapat membuat gejala asma yang Anda alami semakin memburuk.
  • Hamil dan menyusui. Propolis adalah salah satu produk herbal yang masih belum terbukti aman untuk dikonsumsi pada ibu hamil dan menyusui. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi herbal ini jika Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Gangguan perdarahan. Orang yang memiliki gangguan perdarahan dianjurkan tidak mengonsumsi herbal ini karena senyawa yang terkandung dalam madu propolis akan memperlambat proses pembekuan darah.
  • Operasi. Jika Anda ingin melakukan operasi tertentu, sebaiknya hentikan penggunaan herbal ini 2 minggu sebelum operasi. Mengonsumsi herbal ini mungkin akan meningkatkan risiko perdarahan selama atau setelah operasi.

Obat herbal ini juga mungkin dapat berpengaruh dengan obat yang sedang Anda gunakan. Maka dari itu, agar terhindar dari efek samping dan risiko overdosis obat, pastikan Anda selalu memberi tahu dokter dan apoteker terkait obat dan suplemen lain yang sedang Anda gunakan.

Secara umum, selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi obat herbal ini. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan atau penyakit tertentu. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang ada.

Agar manfaat propolis dapat dirasakan optimal, penting untuk menggunakan herbal ini sesuai dengan aturannya. Sebelum menggunakan pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan dengan teliti. Pastikan juga kalau Anda lebih banyak mendapatkan khasiat dibandingkan dengan efek samping atau risikonya dari herbal ini.

Waspadai propolis palsu

Saat ini, propolis jadi salah satu obat herbal yang populer dan banyak dicari orang. Anda bisa menemukan herbal ini di apotek, toko herbal, toko yang menjual makanan sehat dengan berbagai bentuk dan merek, serta di situs belanja online. Di mana pun Anda membeli produk herbal ini, pastikan kalau Anda teliti ketika membelinya.

Seiring dengan banyaknya permintaan herbal ini di pasaran, banyak pedangang nakal yang menjual madu propolis palsu. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli minyak ini di distributor resmi dan terpercaya.

Pastikan juga kalau produk yang Anda beli sudah terdaftar dan memiliki izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Anda bisa mengecek kemanan produk yang Anda beli langsung di website resmi BPOM

- Sebelum pakai propolis, perhatikan ini dulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *







Whatsapp Online
Kirim